Sebuah Opini untuk Riau

Sebuah Opini untuk Riau

Oleh: Faiz Fajri*

Riau merupakan sebuah kepulauan yang menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Namun dari tahun ke tahun bencana yang sama kerap mereka derita. Dimana peran pemerintah provinsi ketika terjadi kebakaran hutan? Dimanakah langkah kongkrit pemerintah pusat ketika terjadi kebakaran hutan yang menganggu aktivitas warga Riau? Asap yang dihasilkan dari kebakaran hutan Riau sudah mencapai kategori sangat berbahaya hingga detik ini.

Upaya pemerintah tidak cukup hanya sebatas menangkap pelaku pembakaran saja. Sebab dibalik itu, ada faktor-faktor yang ikut andil dalam peristiwa tersebut. Tentu ada berbagai macam elemen yang ikut andil, seperti misalnya industri. Dalam kabar terakhir berita tentang kebakaran hutan di Riau ini disebutkan bahwa ada sebuah perusahaan kehutanan yang terlibat beserta 44 orang yang harus bertanggung jawab. Akan tetapi, hingga saat ini status mereka hanya berupa ancaman untuk diadili.

Sikap para penegak hukum yang kurang tegas dan kurang transparan menjadi salah satu peluang bagi para penjarah hutan kian merajalela. Bahkan di mata internasional, penegak hukum kita terlihat kurang berwibawa. Hal ini ditunjukkan dengan sikap meminta maaf dari presiden beberapa waktu lalu. Hal tersebut (meminta maaf), seharusnya ditujukan kepad bangsa Indonesia yang sumberdayanya justru habis karena kasus kebakaran yang disengaja. Oleh karena itu, solusi yang bisa diterapkan disini adalah menutup industri yang bermain curang, menghukum oknum pejabat yang terlibat dan memenjarakan mereka yang telah merusak kawasan hutan.

*Penulis adalah mahasiswa Manajemen Hutan 2012 dan deputi departemen Kajian Strategis #AksiRimbawan

Categories: Kajian Strategis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.