Formulir Pendaftaran Staff Baru LEM FKT UGM 2015

DESKRIPSI MASING – MASING DEPARTEMEN

  1. Sekretaris

Departemen ini berada di bawah koordinasi sekjend. Berkecimpung di bagian kesekretariatan seperti administrasi, pengarsipan, inventarisasi sekretariat. Administrasi dan pengarsipan meliputi pembuatan dan pengelolaan surat, proposal, dan laporan pertanggungjawaban.

  1. Bendahara

Departemen ini berada di bawah koordinasi sekjend. Bendahara bertanggungjawab terhadap pengelolaan keuangan lembaga, budgeting, serta pengelolaan proposal dan laporan pertanggungjawaban. Sehingga arah gerak kerjanya sinergis dengan sekretaris.

  1. Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM)

Departemen ini berada di bawah koordinasi sekjend. Bergerak di bidang kaderisasi khususnya kaderisasi anggota LEM dengan beberapa kegiatan utama yaitu recruitment, pembinaan, pemeliharaan, dan pengkaryaan.

  1. Badan Usaha

Departemen ini berada di bawah koordinasi sekjend. Bergerak di bidang kewirausahaan dengan fungsi utama peningkatan ekonomi lembaga. Departemen ini akan banyak berkecimpung dengan berbagai macam usaha mahasiswa sehingga melatih kemampuan wirausaha dan enterpreneurship.

  1. Pemuda, Olahraga, dan Seni (PONI)

Departemen ini berada di bawah koodinasi Menko Internal. Bergerak di bidang olahraga dan seni untuk mewadahi minat olahraga dan seni mahasiswa kehutanan.

  1. Sosial Masyarakat (Sosmas)

Departemen ini berada di bawah koordinasi Menko Internal. Bergerak sebagai wadah dalam menjembatani pencerdasan dan penanaman nilai sosial kemasyarakatan baik di dalam maupun di luar Fakultas Kehutanan sehingga dapat menumbuhkan kepedulian sosial dengan sesama serta lingkungan sekitarnya.

  1. Media dan Informasi (Medinfo)

Departemen ini berada di bawah koordinasi Menko Internal. Terbagi menjadi 2 divisi yaitu divisi media dan divisi kerjasama. Medinfo bertugas untuk menghimpun dan memproses informasi terkini seputar LEM FKT serta KM FKT, kemudian mempublikasikannya kepada khalayak luas secara aktual, faktual, dan esensial.

  1. Advokasi

Departemen ini berada di bawah koordinasi Menko Eksternal. Berfungsi menjaga/membela kepentingan mahasiswa dalam aksesnya maupun pengaruh di setiap kebijakan yang diambil. Advokasi menjadi penyambung lidah antara pihak mahasiswa dengan pemangku kebijakan seperti Dekanat dan Rektorat. Satu jargon utamanya “Paham-Berpihak-Ikhlas”.

  1. Riset dan Kajian

Departemen ini berada di bawah koordinasi Menko Eksternal. Bergerak di bidang riset dan penelitian untuk mengkaji segala isu-isu terkini baik itu isu politik, sosial, budaya, lingkungan, dan utamanya yang terkait dengan isu kehutanan. Dari riset yang telah dilakukan, kemudian dituangkan ke dalam sebuah kajian, forum terbuka, seminar, ataupun tulisan. Tujuan utamanya adalah fungsi pencerdasan dan membangun sikap kritis terhadap mahasiswa kehutanan.

  1. Jaringan dan Kerjasama (Jangker)

Departemen ini berada di bawah koordinasi Menko Eksternal. Berfungsi untuk menjalin hubungan dan kerjasama dengan perseorangan maupun lembaga di luar LEM FKT terutama di luar fakultas kehutanan. Beberapa link lembaga kerjasamanya antara lain lembaga mahasiswa (BEM, LEM, Dema, dll), Fakultas Kehutanan se Indonesia yaitu Sylva Indonesia, lembaga kehutanan dan lingkungan, alumni, dan sponsor.

 

Pendaftaran dibuka dari tanggal 10 Februari 2015 – 22 Februari 2015