Departemen Bendahara adalah departemen yang berada dibawah  Kementerian Kerumahtanggaan yang dikoordinasi oleh Sekretaris Jendral . Departemen ini bertugas untuk mengatur keuangan lembaga, mulai dari pemasukan dana maupun pengeluaran dana. Selain itu bendaharan bertugas untuk membagi Dana Kegiatan Lembaga Mahasiswa (DKLM) yang diberikan kepada LEM

PROGRAM KERJA

  • KAWAL (Kas Wajib Anggota LEM)

Merupakan iuran wajib anggota LEM yang dilakukan selama satu tahun kepengurusan kabinet yaitu pada bulan-bulan efektif. KAWAL ini berfungsi sebagai salah satu pemasukan dana bagi LEM, untuk beberapa program kerja LEM selama satu tahun kabinet.

  • Koreksi Proposal dan LPJ

Merupakan pengkoreksian proposal dan LPJ acara yang akan dilakukan maupun acara yang sudah dilakukan. Pengkoreksian terutama dilakukan  pada bagian rancangan dana dan realisasi dana, dengan tujuan untuk meminimalisir kesalahan pada saat pengkoreksian di DPM .

  • Monitoring Bendahara Departemen

Kegiatan ini bertujuan untuk mengawasi dan memantau kegiatan pada departemen tersebut terutama pada bagian pendanaan.

  • Pengumpulan LPJ Bulanan

Kegiatan ini bertujuan untuk merekapitulasi seberapa banyak pemasukan dan pengeluaran dana selama satu bulan tersebut. Agar mempermudah pada saat Sidang Umum diakhir kepengurusan LEM.