FORMASI (Forum Aspirasi Mahasiswa) #1

FORMASI (Forum Aspirasi Mahasiswa) #1

 

 “Karena perubahan tidak dapat dilakukan dengan sendirian.”

Kalimat itulah menjadi landasan awal untuk suatu perubahan. Perubahan yang menjadi lebih baik tentunya. Mahasiswa sering sekali disebut si “Agent of Change”, karena mereka sangat aktif dalam memberikan aspirasinya, dalam bentuk kritik, saran, ataupun dengan bentuk yang lebih ekstrem yaitu aksi. Namun, apabila ingin melakukan suatu perubahan, tidak serta merta langsung dilakukan. Aspirasi para mahasiswa harus ditampun terlebih dahulu dan didiskusikan bersama apakah aspirasi mereka layak untuk melakukan perubahan yang lebih baik. Oleh karena itu, Departemen Advokasi Lembaga eksekutif Mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (LEM FKT UGM) menyelenggarakan kegiatan FORMASI.

FORMASI merupakan kepanjangan dari Forum Aspirasi Mahasiswa. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang rutin diselenggarakan oleh Departemen Advokasi LEM FKT UGM sebagai bentuk sarana penampung aspirasi-aspirasi mahasiswa FKT UGM terhadap FKT itu sendiri. Kegiatan yang disselenggarakan pada tanggal 24 April 2015 di ruang VI gedung A FKT ini, dihadiri oleh mahasiswa-mahasiswa yang ingin mengemukakan aspirasinya untuk kampus tercintanya ini.

Banyak sekali aspirasi-aspirasi yang dikemukakan oleh para peserta, namun tidak semuanya serta merta ditolak atau diterima. Hal yang mengenai sarana dan prasarana kampus, serta kebijakan yang telah dibuat pun menjadi bahasan pada forum ini. Adanya diskusi dalam forum ini, bertujuan untuk menyaring aspirasi mahasiswa agar diperoleh aspirasi yang benar-benar bisa membuat perubahan yang lebih baik untuk kampus rimbawan ini. Dan pada akhirnya diperolehlah aspirasi-aspirasi yang diharapkan mampu membawa perubahan untuk kampus para rimbawan ini.

Kesimpulannya, diperoleh lima poin hasil dari Forum Aspirasi Mahasiswa kali ini, yaitu sebagai berikut.

  1. Sekre HMM dan BSO
  2. Plaza Forestry
  3. Pelayanan Akademik FKT
  4. Tata tertib dosen dan jam kuliah
  5. Penegasan peraturan

“Hasil aspirasi dari forum ini selanjutnya akan dilakukan riset terlebih dahulu, sebelum kemudian akan disampaikan pada Forum Terbuka Dekanat (FTD) pada waktu kedepannya”, ujar salah satu staf  Departemen Advokasi LEM FKT UGM. Harapannya dengan adanya FORMASI, terjadi suatu perubahan dari yang salah menjadi yang benar dan lebih baik untuk semua elemen di Kampus yang hijau ini.

“Terima kasih kepada LEM FKT UGM, terutama departemen advokasi sebagai pihak penyelenggara. Karena sudah menjadi sarana untuk kami mahasiswa yang ingin mengeluarkan aspirasi kami”, kalimat penutup dari salah satu peserta FORMASI setelah kegiatan ini selesai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.