Rimbawan Mengajar

Rimbawan Mengajar

Oleh: Khairanisa Hening P.*

PL is coming! Apa sih PL?

PL alias Pendidikan Lingkungan adalah salah satu kegiatan dalam program kerja milik Departemen Sosial Mayarakat Lembaga Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM yang diberi nama RIMBAWAN MENGAJAR.  Kegiatan Pendidikan Lingkungan ini bertempat di Dukuh Kalimanggis Morangan, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Acara ini dilaksanakan setiap minggu selama sepuluh kali pertemuan.  Pendidikan Lingkungan yang bertema ‘Peduli Lingkungan Sejak Dini’  diikuti oleh adik-adik mulai dari Paud, TK, SD, dan SMP.  Sesuai dengan temanya, pendidikan Lingkungan ini bertujuan untuk mengajarkan anak-anak untuk lebih peduli lingkungan sejak sekarang, tak hanya mengajarkan untuk peduli lingkungan acara ini juga mengajarkan aksi nyata dalam usaha pelestarian lingkungan.

Pertemuan kedua Pendidikan Lingkungan ‘Peduli Lingkungan Sejak Dini’ kemarin dilaksanakan pada tanggal  14 September 2014. Acaranya sangat seru dan menyenangkan. Sejak jam setengan delapan, para adik-adik peserta telah menanti kedatangan Mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM yang akan mengajar hari itu. Acara dimulai dengan menonton video animasi mengenai sampah dan pengelolaannya.

Kemudian Pendidikan Lingkungan dilanjutkan dengan pemberian materi yang disampaikan oleh  mahasiswa Fakultas Kehutanan tentang macam-macam sampah, pengelolaannya, serta demonstrasi daur ulang sampah dari botol plastik. Materi yang diberikan, disampaikan secara sederhana agar mudah dimengerti oleh peserta. Selain pemberian materi, ada juga game dan makan siang bersama. Semua rangkaian kegiatan acara ini disambut hangat dan antusias.  Mau tahu serunya acara Pendidikan Lingkungan ini? Atau pengen cobain rasanya jadi seorang RIMBAWAN MENGAJAR? Yuk, buruan daftar buat pertemuan PL selanjutnya! 🙂

*Penulis adalah staff Media dan Informasi #AksiRimbawan dan mahasiswa Konservasi dan Sumberdaya Hutan 2012

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.