Pra-AKaL

Pra-AKaL

IMG_2158

Pra-AKAL (Pra Alur Kaderisasi LEM) merupakan acara yang diselenggarakan oleh trivium Aksi Rimbawan sebelum para calon anggota LEM mengikuti kegiatan AKAL yang sebenarnya. Pra-AKAL ini juga bagian dari evaluasi Aksi Rimbawan terhadap pelaksanaan AKAL yang sudah dilaksanakan sebelumnya, dimana para punggawa LEM merasa dibutuhkan adanya perkenalan awal terhadap lembaga tersebut.
Sabtu pagi, 13 September 2014, para peserta telah berkumpul di kampus kehutanan tercinta sejak pukul 06.00 WIB. Kemudian departemen PSDM membawa para peserta ke tempat pelaksanaan pra-AKAL, yaitu bawah jembatan Teknik UGM (under the bridge). Di tempat tersebut, para peserta disambut oleh trivium yang terdiri atas Ketua LEM, Sekjen, Menko Internal, Menko eksternal dan deputi. Adapun deputi menko internal tidak dapat hadir dalam acara ini.

Pada acara bagian pertama, peserta diberi bekal tentang sejarah berdirinya LEM yang disampaikan langsung oleh Haviz Kurniawan selaku ketua. Kemudian materi mengenai alur koordinasi dalam LEM yang disampaikan oleh Adri Yulia (sekjen), Dwi Sugiarto (menko internal), dan Yudha Sawung (menko eksternal). Selain itu juga disampaikan perjalanan LEM Aksi Rimbawan selama 9 bulan kepengurusan oleh Winanda Rahman (deputi menko eksternal).

Selanjutnya, pada bagian kedua dilakukan pembagian kelompok-kelompok kecil yang kemudian memperdalam ke-LEM-an bersama trivium melaluiFocus Group Discussion (FGD) dan sharing mengenai profesionalitas, advokasi, minat dan bakat media, dan lain-lain. Antusiasme peserta terlihat dari peserta yang mulai mau berbicara dan mengungkapkan pendapat dalam forum kecil tersebut.
Setelah FGD berakhir, peserta dikumpulkan lagi dalam forum besar untuk penjelasan pelaksanaan AKAL seminggu mendatang. AKAL yang sebenarnya akan dilaksanakan pada tangal 20-21 September 2014 dengan berbagai kejutan yang diharapkan fun sekaligus mampu mengupgrade kapasitas dan kapabilitas para peserta maupun panitia. Oleh karena itu, peserta mendapatkan beberapa tugas menjelang AKAL demi mencapai tujuan tersebut. Pra-AKAL ini berakhir pukul 09.00 WIB dan ditutup dengan pekik jargon penyemangat Aksi Rimbawan 2014.

Aksi Rimbawan??? Hap! Hap! Hap! (AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.